MENCOBA MENGHADIRKAN KEBERADAAN BENDA-BENDA YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA CARA KEHIDUPAN DAN BUDAYA CINA PERANAKAN DI INDONESIA PADA JAMAN DULU SECARA BEBAS DAN SUBYEKTIF.

Friday, August 29, 2014

STRAITS CHINESE BATIK ALTAR CLOTH












KAIN BATIK TOKWI PERANAKAN MOTIF 8 DEWA
1960 - 1970, Jawa Tengah, Indonesia
Batik tulis dan lukis di atas kain mori
112 cm x 115 cm
Benda terpakai dengan kondisi masih relatif baik, ada beberapa lubang dan sobek kecil, tidak terlalu kentara.

Tokwi yang di buat dengan cara batik adalah salah satu keistimewaan tradisi  Peranakan Indonesia, lahir dan tercipta dari asimilasi budaya asli Indonesia dengan budaya Cina. Tokwi jenis seperti ini hanya ada dan berasal dari Indonesia, tidak ada di benda Peranakan negara lain manapun.
Batik Cina Peranakan berupa sarung atau kain panjang walaupun berasal dari pulau Jawa, banyak tersebar di kalangan Peranakan negara lain karena sudah di eksport dari pesisir Jawa sejak abad 19 awal, tapi tidak begitu halnya dengan batik kain tokwi.
Kain batik sarung adalah komoditas dagang, kebutuhan primer banyak orang, sedangkan tokwi batik lebih bersifat personal dan hanya dibutuhkan dalam jumlah yang lebih terbatas, sehingga tidak cukup potensial untuk dijadikan komoditas eksport keluar pulau Jawa.

Batik tokwi adalah istimewa, banyak yang mempunyai desain personal berdasarkan pesanan pribadi pemakai, sehingga kadang - kadang motif batik tokwi tertentu adalah satu - satunya di dunia, tidak memiliki motif kembarannya dimana pun. Hal ini banyak terjadi pada batik tokwi di awal abad 20.

Tokwi batik motif 8 dewa dan Fu Lu Shou / Hok Lok Siew :
Zold-Blora

No comments:

Post a Comment