MENCOBA MENGHADIRKAN KEBERADAAN BENDA-BENDA YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA CARA KEHIDUPAN DAN BUDAYA CINA PERANAKAN DI INDONESIA PADA JAMAN DULU SECARA BEBAS DAN SUBYEKTIF.

Saturday, October 8, 2016

STRAITS CHINESE WOODEN RICE SERVING SPOON # 3














CENTONG NASI CINA PERANAKAN # 3
Lacquer gincu di atas kayu jati
Awal abad 20, Jawa Tengah
30 cm x 11 cm, tinggi 12,5 cm
Ada 1 gerepes, relatif masih baik

Centong dengan motif ukiran daun sawi putih dan biji benih bunga lotus.
Sawi putih termasuk simbol penting dalam filosofi Cina, mempunyai pengertian sebagai sesuatu yang 'murni' atau tiada bernoda. Bersama dengan lobak, adalah jenis sayuran utama dalam kehidupan keseharian bangsa Cina, sayuran yang dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat, baik kaya atau miskin. Ke-dua sayuran berwarna putih ini melambangkan kemurnian, pusaka dalam kehidupan keluarga Cina.

Biji / benih lotus identik sebagai anak atau keberlangsungan keturunan yang terus menerus / berkesinambungan.
Gabungan motif sawi putih dan biji benih lotus pada ukiran centong untuk ceremoni pernikahan ini menyimbolkan itikat baik ke-dua mempelai untuk membangun rumah tangga dengan fondasi bersih dan murni, menghasilkan keturunan anak terus menerus ( banyak ).

Selain dengan motif yang relatif jarang tadi, centong juga mempunyai bentuk yang unik. Ukuran tidak lebih panjang dari biasanya, hanya bentuk terasa lebih masif karena lebih lebar, tebal, kekar dan kuat, ukuran yang di sukai kaum hawa, hehehe,,

1 centong tampa wakulnya :
Zold - Surabaya

No comments:

Post a Comment