MENCOBA MENGHADIRKAN KEBERADAAN BENDA-BENDA YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA CARA KEHIDUPAN DAN BUDAYA CINA PERANAKAN DI INDONESIA PADA JAMAN DULU SECARA BEBAS DAN SUBYEKTIF.

Monday, October 27, 2014

GLAZED YIXING TEA BOWLS #4










2 CANGKIR TEH YIXING
1910 - 1930, Yixing, Cina
Glasir hijau dan enamel di atas terakota
Diameter 7,3 cm x tinggi 4,7 cm
1 buah utuh, 1 buah ada chip / lecet

Benda - benda produksi Yixing mempunyai keterkaitan yang erat dengan Peranakan di Asia Tenggara, banyak produknya di buatkan khusus untuk pangsa pasar ini. Misalnya teko - teko Yixing banyak yang ada penambahan logam, baik perak ataupun kuningan, hal yang sebenarnya jarang terjadi diluar wilayah ini. Begitu juga dengan cangkir - cangkir berglasir hijau banyak di temukan di Peranakan Asia Tenggara dibandingkan tempat lain.

Cangkir - cangkir ini juga lumayan fariatif, ukuran terkecil yang pernah kami temui berdiameter 3 cm, hingga terbesar sekitar 7,5 cm. Dekorasinya juga berbeda - beda, polos, ada lambang / huruf Cina atau yang bergambar dengan warna enamel.

Cangkir - cangkir ini selain dipakai untuk minum teh sehari - hari, juga sering dipakai di-isi teh / arak untuk meja altar Dewa atau leluhur, biasanya cangkir jarang di cuci, kembali di isi teh setiap kali mengering / berkurang karena penguapan. Sayangnya sering kali ketika mendapatkan cangkir - cangkir seperti ini sudah dalam keadaan dibersihkan, padahal jejak teh yang tertinggal dari ratusan sampai ribuan kali penguapan bisa menjadi bukti sahih perjalanan cangkir ini ketika masih berfungsi sebagai bagian dari ritual budaya Cina Peranakan.

2 buah cangkir :
Rp 750.000,- / IDR

No comments:

Post a Comment