MENCOBA MENGHADIRKAN KEBERADAAN BENDA-BENDA YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA CARA KEHIDUPAN DAN BUDAYA CINA PERANAKAN DI INDONESIA PADA JAMAN DULU SECARA BEBAS DAN SUBYEKTIF.

Saturday, September 6, 2014

PERANAKAN POSTCARD TAN GWAT BING





KARTU POS TAN GWAT BING
Postcard collotype, divided back, belum terpakai.
1910 - 1920, di cetak oleh Tan Bie Je, Djogja, Indonesia.
13,8 cm x 8,7 cm.
Kondisi gambar relatif masih baik, ada grepes pada pinggir dan cuil sedikit pada pojok kanan bawah.

Collotype adalah proses cetak yang berbasis seperti cetak foto biasa, proses cetak lumayan rumit sebelum digantikan oleh offset printing yang lebih praktis. Hasil cetak collotype sama seperti foto, di dalam struktur pembentuk imagenya tidak ada pola titik dot / pixel, sehingga tingkat kehalusan dan kerapatannya jauh diatas kualitas cetak offset.
Divided back adalah adanya garis pemisah antara kolom alamat dengan bidang catatan pesan / berita pada bagian belakang postcard, sebuah pakem yang muncul setelah tahun 1907. Salah satu hal yang kemudian dipakai untuk membantu menentukan usia postcard, kalau postcardnya tampa garis pisah atau undivided back berarti usianya dibawah tahun 1907.

Tan Gwat Bing ( 1884 - 1949 ) yang juga mempunyai nama samaran Tan Tjing Liang adalah Peranakan pertama yang mengeluti dunia fotografi secara profesional di tanah Jawa. Mendirikan perusahaan fotografi di Djogja yang kepemilikannya pertama kalinya bukanlah orang Eropa. Seorang intelektual dan seniman multi talenta, menguasai 6 bahasa : Cina, Jawa, Arab, Belanda, Inggris dan Melayu. Beliau selain menyukai fotografi dan pengarang puisi, juga seorang model untuk foto.

Perusahaan percetakan dan fotografi yang didirikan bersama adiknya, Tan Bie Je, adalah salah satu penerbit untuk karya - karya fotografer Jawa legendaris Kassian Chepas. Kemungkinan besar banyak sekali foto dan postcard keluaran Tan Gwat Bing dan Tan Bie Je adalah karya Chepas, hanya saja tidak bernama. Begitu juga dengan postcard ini, ada kemungkinan adalah karya Chepas, wajah Tan Gwat Bing yang masih belia bisa berarti fotonya dibuat sebelum 1912, sebelum meninggalnya Chepas.

Zold-Jakarta

No comments:

Post a Comment