MENCOBA MENGHADIRKAN KEBERADAAN BENDA-BENDA YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA CARA KEHIDUPAN DAN BUDAYA CINA PERANAKAN DI INDONESIA PADA JAMAN DULU SECARA BEBAS DAN SUBYEKTIF.

Saturday, April 4, 2015

STRAITS CHINESE WOODEN CAKE MOULD





CETAKAN KAYU KUE PERANAKAN
Pahatan pada kayu jati dan kayu Cina jenis 'hardwood'
Awal abad 20, Jawa Tengah, Indonesia.
Panjang 27 - 33cm, lebar 5 - 7cm, tebal 1,2 - 3cm.
Benda terpakai, ada lecet, cuil, retak dan grepes di beberapa tempat.

Cetakan kue peranakan untuk kue satu dan nastar. Kue satu yang terbuat dari tumbukan kacang hijau yang sudah di kupas kulitnya ini di beberapa daerah di sebut juga kue putu kacang, kue sato atau kue koya ( seperti peranakan di Malaysia menyebutnya 'kueh koya' ). Sama seperti mie dan tahu, makanan peranakan untuk kue satu, nastar dan lapis legit sudah begitu menyatu dengan tradisi lokal setempat, sehingga kadang sudah di anggap sebagai bagian dari tradisi daerah itu sendiri. Kue satu yang menjadi kue sajian ketika imlek, di beberapa daerah juga menjadi kue untuk merayakan lebaran.

Cetakan ini sepintas terlihat mudah dan sederhana, tapi tidak semua pemahat kayu dapat membuatnya, karena si pemahat harus memahami proses keluar masuk cetakan, terutama ketika membuat motif desainnya sendiri. Salah kemiringan dan posisi lekukan, hasil cetakan kuenya berantakan.

Ke 4-nya :
Zold - Surabaya

2 comments:

  1. Selamat sore pak/bu
    Jika lain kali ada lagi yg spt ini, boleh tolong info kpd aku ?
    Suryawan di no 0815-9469047
    Suwon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam
      Baik akan kami infokan jikalau masih ada
      Terimakasih

      Delete