MENCOBA MENGHADIRKAN KEBERADAAN BENDA-BENDA YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA CARA KEHIDUPAN DAN BUDAYA CINA PERANAKAN DI INDONESIA PADA JAMAN DULU SECARA BEBAS DAN SUBYEKTIF.

Sunday, June 7, 2015

CHINESE SHIWAN GREEN GLAZED TEAPOT











TEKO HIJAU SHIWAN
Keramik 'stoneware' glasir hijau
Akhir abad 19, Shiwan, Guangdong, Cina.
19cm x 20cm, tinggi 20,5cm
Benda terpakai yang relatif masih baik, ada 1 cacat pembakaran dan tampa tutup

Keramik buatan daerah Shiwan ( Shiwan ware ) mempunyai karakter yang berbeda dengan keramik dari daerah propinsi Guangdong ( Kwantung ) lainnya.
Keramiknya memang bukan bakaran tinggi sampai menjadi porselen, tapi keindahannya bukan pada kualitas keramiknya, tapi pada bentuk dan glasir warnanya yang menyenangkan.

Bahan tanahnya kebanyakan berwarna krem keabu-abuan, warna glasirnya pekat dan tebal, banyak mengikuti pola glasir warna sancai dan glasir flambe Jun.
Produksi dari Shiwan kebanyakan untuk kebutuhan masyarakat umum, beberapa benda keramik yang sering kita jumpai di Indonesia diantaranya seperti pot tanaman lambe biru / bibir biru, pot tanaman dinding, guci gendang hijau / biru, kamceng hijau / coklat motif timbul binatang, loster angin-angin hijau dan lain-lain.
Selain untuk kebutuhan rumah tangga, Shiwan juga dikenal banyak membuat patung-patung figure dewa dan binatang, baik untuk perorangan atau untuk klenteng / vihara, terutama hiasan diatas gentengnya.

Beberapa produk tadi selain dibuat di Shiwan, juga ada yang mirip-mirip tapi hasil produksi dari Vietnam, yang mana pembuat dari daerarah ini dulunya adalah pendatang dari daerah Shiwan, sehingga mewarisi tehnik dan ilmu keramik dari daerah asalnya,

1 buah teko tampa tutup ini, yang dapat dialih fungsikan menjadi vas bunga :
Zold - Palembang

2 comments:

  1. hello how much was the price of the teko hijau cina ........ trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi,,
      teko Shiwan green glazed sudah sold..thanks

      Delete