MENCOBA MENGHADIRKAN KEBERADAAN BENDA-BENDA YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA CARA KEHIDUPAN DAN BUDAYA CINA PERANAKAN DI INDONESIA PADA JAMAN DULU SECARA BEBAS DAN SUBYEKTIF.

Saturday, September 12, 2015

CHINESE ROOSTER BOWL
















6 MANGKOK AYAM JAGO DENGAN HURUF HANJI
Keramik porselen lukis enamel diatas glasir
1900 - 1930, Chaozhou, Guangdong, Cina
Salah satu marking hanji 2 karakter, kabur
Diameter 17 - 17,5cm, tinggi 6 - 6,5cm
Benda terpakai, ada sedikit-sedikit cecel enamel, pada satu mangkok yang paling tua ada 1 retak rambut

Mangkok eksport ke Asia Tenggara sejak akhir abad 19, kadang dimasukkan dalam keramik 'kitchen Ch'ing', dipergunakan oleh peranakan Cina kelas umum / pekerja. Motifnya sejak abad 19 sampai detik ini tidak banyak mengalami perubahan, selalu bermotif ayam jago, bunga peony dan pohon pisang. Hanya mangkok yang paling awal biasanya motif lebih sederhana berupa coretan berwarna biru, berkembang semakin kompleks sampai menjadi lebih realistik dan warna warni seperti umumnya motif mangkok ayam yang selama ini kita kenal.

Bentuk juga mengalami perubahan, dari segi delapan bergeser menjadi sedikit bulat dan sangat bulat di pertengahan abad 20 karena sudah menggunakan alat bantu cetak / molding untuk mempercepat proses pembuatan, memenuhi permintaan kebutuhan yang semakin meningkat.
Hiasan motif tetap dikerjakan dengan lukis tangan sampai tahun 1980 - 1990an, walau sejak tahun 1950an bagian outline hitam pada bagian gambar tulang daun sudah dibantu dengan stamp stensil. Di akhir abad 20 sampai sekarang hiasan motif akhirnya sudah menggunakan print / cetak mesin, kecuali produksi dari beberapa pabrikan di Thailand / Siam, masih ada yang tetap lukis tangan, disana seni keramik mangkok ayam dalam perkembangannya menemukan style dan ciri sendiri yang sedikit berbeda dengan daerah aslinya di Cina.

Mangkok ayam jago yang identik dengan rakyat kebanyakan dan kaum pekerja keras kini di koleksi karena dianggap sebagai seni rakyat atau 'folk art'nya kaum proletar, sama seperti komik Cina seukuran telapak tangan / lianhuanhua yang sudah menjadi buruan kolektor dari Cina. Seni kaum proletar kadang dianggap lebih murni tampa pretensi, karena tercipta berdasarkan kebutuhan jaman, berbeda dengan seni individual yang cenderung egois dan individualis.

Image mangkok ayam sangatlah kuat dan khas, mungkin di Asia Tenggara image keramik ini adalah yang paling populer dan kuat dalam seluruh sejarah keramik Cina yang sudah berusia beberapa ribu tahun.
Maka tidaklah mengherankan kalau seni keramik mangkok ayam akan tetap ada dan berlanjut beberapa ribu tahun kedepan ( kalau belum kiamat ), seni yang berjalan dan berkembang mengikuti perkembangan dunia, seni yang tak lekang oleh jaman.

6 mangkok ini :
Zold - Batam

No comments:

Post a Comment