MENCOBA MENGHADIRKAN KEBERADAAN BENDA-BENDA YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA CARA KEHIDUPAN DAN BUDAYA CINA PERANAKAN DI INDONESIA PADA JAMAN DULU SECARA BEBAS DAN SUBYEKTIF.

Tuesday, March 25, 2014

CHINESE LACQUER JEWELRY BOX









KOTAK LACQUER UNTUK PERHIASAN
Abad 19, Cina
Lapisan lacquer diatas kayu eiken, handel perunggu, lukis tangan dengan cat gincu / cinnabar dan gilding warna emas.
24 x 16 x 15 cm
Anak kunci sudah tidak ada, pada beberapa tempat gilding emas sudah menipis atau hilang, ada terkelupas lapisan lacquer-nya, terutama pada bagian sudut / pinggir. Tapi secara keseluruhan kotak perhiasan ini masih sangat menarik di mata.

Kotak dan benda lacquer yang beredar di peranakan Indonesia berasal dari eksport Cina pada tahun 1800 sampai 1900an, dan kebanyakan kayu yang dipakai adalah jenis eiken, kayu lapis, semacam kulit tebal dan anyaman bambu.
Cara aplikasi lacquer pada benda sepertinya ada 2, pertama dengan cara penguasan langsung pada permukaan benda, yang ke 2 tidak langsung tapi melalui pelapisan pada kertas terlebih dahulu.
Tehnis pelapisan dengan lacquer dulu dikuasai oleh hampir semua tukang kayu peranakan, sekarang mungkin tehnik ini sudah punah disini ( kecuali di Palembang ? ). Di negara tetangga kita Malaysia, tehnik ini masih terjaga, terutama dikuasai oleh ahli kayu tua peranakan Malaysia sampai saat ini. Salut.
Zold-Jogja

No comments:

Post a Comment