MENCOBA MENGHADIRKAN KEBERADAAN BENDA-BENDA YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA CARA KEHIDUPAN DAN BUDAYA CINA PERANAKAN DI INDONESIA PADA JAMAN DULU SECARA BEBAS DAN SUBYEKTIF.

Wednesday, March 26, 2014

CHINESE PEAR SHAPE SILVER TEAPOT











PERANGKAT TEH PERAK UNTUK MEJA ALTAR
Akhir abad 19 atau awal abad 20, Jawa Tengah, Indonesia.
Perak dan kayu trembalo ber-gincu ber-prada
-Tinggi teko 7 cm, panjang 10,7 cm, diameter 6,5 cm
-Tinggi cangkir 2,3 cm, diameter 3,7 cm
-Tinggi baki 2,4 cm, diameter 12,3 cm
Berat total perak teko, 3 cangkir dan baki 275 gram
Ukuran tatakan kayu untuk persembahan T 4,5 x L 17,7 x P 5,5 cm
Benda terpakai dengan segala kekurangannya, perak sayangnya sudah pernah dibersihkan, patinanya masih tersisa dibagian dalam teko, bancikan cangkir patinanya pol.

Semua perangkat persembahan teh meja altar untuk leluhur atau Dewa ini original, terbuat dari bahan terbaik Cina Peranakan untuk perak maupun kayunya. Ketebalan perak teko lebih dari 1 mm dengan handel perak solid untuk meredam panas, terasa mantab ketika mengangkatnya. Bentuk teko menyerupai buah pear, sama seperti teko tembikar Yixing yang berkualitas, termasuk ukurannya yang minim.
Corong keluar air sejajar dengan batas maksimal isi air, tutup mempunyai ring penahan yang dalam agar air teh dapat dituang sampai tetes terakhir tampa terjungkal tutupnya, semua adalah perhitungan yang biasa dilakukan para pembuat teko Cina yang baik.
Baki walaupun sederhana tapi sangat fungsional, menjaga kestabilan dan menampung tumpahan teh yang kepenuhan ketika teko dibawa berjalan dari dapur ke meja altar.
Benda yang termasuk lumayan langka ini :
Zold-Singapore


No comments:

Post a Comment