MENCOBA MENGHADIRKAN KEBERADAAN BENDA-BENDA YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA CARA KEHIDUPAN DAN BUDAYA CINA PERANAKAN DI INDONESIA PADA JAMAN DULU SECARA BEBAS DAN SUBYEKTIF.

Sunday, June 15, 2014

CHINESE BLUE AND WHITE PORCELAIN BOWLS & PLATES














6 KERAMIK BIRU PUTIH SAMTIONG
Keramik porselen dengan warna biru putih di bawah glasir
Abad 18 - 19, Qing Dynasty, Jingdezhen (?), Cina
Marking nama perusahaan pembuat
3 buah mangkok diameter 14 cm x 5,6 - 6 cm
3 buah piring diameter 14,5 cm x 2 cm
Kondisi semua utuh, hanya beberapa cacat / flaw pembuatan

Keramik yang kita sebut ''Samtiong'' ini memang unik, jumlahnya lumayan banyak ditemukan di Indonesia terutama di rumah Cina peranakan pulau Jawa. Dulu sekali dapat jumlahnya bukan hanya beberapa, tapi bisa mencapai puluhan buah. Ukuran mangkok dan piringnya lumayan variatif.

Entah kenapa namanya Samtiong kalau disini, tapi kalau diluaran keramik ini identik sebagai keramik harta karun kapal karam. Ada beberapa pengangkatan keramik kapal karam baik di Asia atau Afrika yang selalu saja keramik ini ikut serta sebagai muatannya.
Karena kualitas keramiknya yang sangat baik, walaupun berusia ratusan tahunpun keramik ini tidak akan ada "retak seribu'nya, lapisan glasirnya cemerlang dan tidak mudah tergores. Ketika terlendam dalam laut selama hampir 2 abad, bentuk fisiknya tidak banyak berubah. Maka tidak mengherankan, Samtiong yang dibeli di Indonesia dan dijual diluar sana dengan embel- embel dari pengangkatan kapal karam, tidak akan ada bedanya. Yang berbeda hanya nominalnya, lumayan signifikan.

Keramik jenis Samtiong di prediksi sebagai jenis export untuk pangsa pasar Asia, terutama peranakan Indonesia atau Malaysia, sudah berlangsung sejak abad 17 sampai 19 tampa mengalami banyak perubahan bentuk dan motif.
Jumlahnya memang lumayan banyak dan sangat umum, prinsip ekonomi berlaku pada benda seperti ini, jumlah banyak / tinggi maka nilainya akan kecil / rendah, tampa peduli akan kualitas dan usia si benda. Tapi hal ini tidak akan berlaku selamanya, diprediksa benda ini jumlahnya akan menipis beberapa saat kedepan, terkuras karena dalam beberapa tahun terakhir sudah jadi komoditas populer. Ikut populer karena penemuan dalam kapal karam ?
Zold-Semarang

No comments:

Post a Comment