MENCOBA MENGHADIRKAN KEBERADAAN BENDA-BENDA YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA CARA KEHIDUPAN DAN BUDAYA CINA PERANAKAN DI INDONESIA PADA JAMAN DULU SECARA BEBAS DAN SUBYEKTIF.

Friday, June 13, 2014

OLD CHINESE PADLOCK









GEMBOK CINA UKIR HURUF
Ukiran motif ikan, kupu dan huruf Cina di atas logam kuningan
Awal abad 20 atau 1920an, Cina
6,2 cm x 1,8 cm. Tinggi 3,6 cm
Benda terpakai dengan kondisi masih utuh

Kunci gembok seperti ini mungkin dulunya datang bersama kotak atau koper dari Cina, bagian dari benda eksport Cina ke Asia dan Eropa. Atau dibawa oleh penduduk Cina dalam migrasinya ke Indonesia yang masih sering terjadi secara berkala sampai awal abad 20.
Gembok ini juga dibuat sangat manual, masih terlihat jejak kikir tangan ( bukan mesin ) dalam proses pembentukan, tidak heran walaupun memakai sistem cor logam, tak ada satupun bentuk bulatannya yang presisi.

Semua ukiran dikerjakan dengan pahatan langsung, bukan di cetak, tentu hal ini bermaksud masing - masing kunci berbeda kode pemakaian, mirip dengan prinsip anak kunci modern / Eropa, antara satu dengan lain selalu berbeda lekukannya.

Sejatinya kalau dicermati, hampir semua gembok kuno Cina dikerjakan dengan manual, maka tak ada satupun gembok kuno seperti ini yang persis sama 100 %, hanya mirip - mirip, berbeda dengan gembok Eropa yang diproduksi secara industri massal, kembarannya selalu ada.
Zold-Jakarta

No comments:

Post a Comment