MENCOBA MENGHADIRKAN KEBERADAAN BENDA-BENDA YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA CARA KEHIDUPAN DAN BUDAYA CINA PERANAKAN DI INDONESIA PADA JAMAN DULU SECARA BEBAS DAN SUBYEKTIF.

Tuesday, June 3, 2014

STRAITS CHINESE SWEET PEA COVERED JAR re-posting











GAMCING BIRUPUTIH MOTIF BUNGA
Keramik lukis tangan, biru dibawah glasir
Akhir abad 19 atau awal abad 20 ( 1890 - 1910 ), Chaozhou, Cina
Diameter 17 cm, tinggi 17 cm
Benda terpakai, ada beberapa retak rambut / hairline, utuh

Motif bunga sweet pea  adalah motif yang identik dengan gamceng Cina Peranakan biru putih. Sweet pea biasanya berwujud satu bunga utama ( peony biasanya ) yang dikelilingi oleh rambatan sulur.
Bagi orang Cina, bunga dan sulurnya melambangkan kelanggengan dan kesuburan karena menjalar tiada putusnya.

Dapat digolongkan secara garis besar dalam 2 tipe pelukisan yang berbeda untuk motif bunga yang sama. Yang pertama lebih banyak ditemui dan populer, garisnya tipis dan mengalir, seperti sambung menyambung memenuhi bidang, rajin ( motif yang sama juga banyak ditemui pada mangkok patiman dan wadah keramik lain ).
Sedangkan yang satu lagi seperti gamcing yang diatas, cara pelukisannya lebih ''ngeblok'' dan ekspresif. Bendanya lebih jarang muncul, jumlahnya mungkin tidak sebanyak motif pertama. Bentuk kilin pada motif pertama juga lebih berdimensi realistik, sedangkan yang ini sedikit lebih global dan simpel. Tetapi keduanya mempunyai usia dan kualitas yang hampir setara.
Dulu, gamcing biru putih masih mudah menemukannya dengan kondisi kilin yang utuh sempurna, sekarang adalah kegembiraan tersendiri kalau bisa mendapatkan si '' mahluk lucu '' itu utuh tampa ''cacat '' dan restorasi.

Gamcing biru putih mungkin tidak semenarik mata dan selangka saudaranya yang warna - warni, tapi dia adalah klasik. Dan hal ini juga membawa keuntungan tersendiri, sangat jarang Gamceng biru putih ada reproduksinya ( tapi sekarang sdh mulai ada ! ), berbeda nasib dengan adiknya, karena sangat populer, sekarang gamcing berwarna reproduksinya ada dimana - mana, dari tingkatan sekedar print sampai full hand-painting.

Gamcing biru putih sampai detik ini masih dapat ditemukan berfungsi sebagai wadah yang sangat berguna bagi pemiliknya. Kadang dijumpai pada toko obat Cina lama di kota - kota besar, dipergunakan untuk menyimpan ramuan / bahan obat, jumlahnya bisa puluhan dengan variasi kedua tipe biru putih tersebut, tertata rapi di atas rak etalase. Mereka sangat protektif terhadap benda ini dari keinginan nafsu serakah orang antik seperti saya untuk memilikinya. Harus kita hargai prinsip mereka, bisa menjaga dan melestarikan apa yang sudah ada dari turun temurun, di area ini nominal tidak ada arti. Jadi malu...dan senang masih punya rasa malu.
Zold-Surabaya

No comments:

Post a Comment