MENCOBA MENGHADIRKAN KEBERADAAN BENDA-BENDA YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA CARA KEHIDUPAN DAN BUDAYA CINA PERANAKAN DI INDONESIA PADA JAMAN DULU SECARA BEBAS DAN SUBYEKTIF.

Tuesday, June 3, 2014

CHINESE LACQUER MIRROR BOX
















KOTAK RIAS LACQUER LUKIS
1920 - 1930, Cina
Lacquer hitam dan merah / cinnabar / gincu diatas kayu
Ukuran kotak 32 cm x 25 cm x 21 cm
Benda terpakai dengan segala kekurangannya, salah satu tarikan laci, kunci laci dan handel angkat sebelah kiri sudah tidak ada, gambar pada bagian tutup atas hampir hilang semua. Beberapa pasak kuningan diganti dengan paku. Erosi pada bagian dasar kotak

Benda yang di import atau dibawa dari daratan Cina pada awal abad 20 ini lukisan lacquernya jarang yang kondisinya bisa benar - benar mulus, faktor usia dan perbedaan iklim. Yang ini masih agak lumayan, mungkin hanya diletakkan saja jarang dibuka atau dipakai, bagian dalamnya masih baik, tapi ke-dua cermin gelombangnya sudah berjamur.

Kualitas bahan dan pengerjaan kayu pada benda - benda yang di import dari Cina ( ke Asia dan Eropa ) tidaklah sebaik benda kayu / furniture dari Cina Peranakan lokal setempat. Mungkin karena furniture pada kebanyakan Cina Peranakan dibuat berdasarkan pesanan personal, sedangkan yang import lebih bersifat massal dan ekonomis. Sangat terasa perbedaan kualitas bahan kayu dan garapannya.

Kotak - kotak lacquer Cina adalah sebuah tradisi, dibuat sejak jaman dulu hingga sekarang, sama seperti kita masih membuat topeng dan wayang. Perbedaan antara yang dulu dengan yang kontemporer terlihat dari pergeseran cara pembuatannya, kalau dulu hiasan lacquernya dilukis tangan, sekarang cenderung dengan print lekat ( terlihat mirip mainan stiker tato jadul, dikasih air / ludah bisa menempel dikulit ).
Sebuah ciri efiensi yang juga terjadi pada topeng dan wayang kita, sekarang cat-nya bukan cat tulang dan garis sunggingan hitam tidak dikuas lagi, digantikan oleh cat minyak / tembok dan pulpen sejenis rapido.

Kotak rias dengan lukisan tangan ini mempunyai hiasan penutup kuningan lapis yang unik, ketika dalam posisi tertutup, kepingan logamnya membentuk simbol kelelawar untuk keceriaan, dan lambang Yin - Yang untuk harmonisasi serta keseimbangan.
Maka berdandanlah wahai para istri dengan riang gembira, akan beruntunglah suaminya sehingga bahagia dan harmonis rumah tangganya,,,weh.
Zold-Surabaya

No comments:

Post a Comment