MENCOBA MENGHADIRKAN KEBERADAAN BENDA-BENDA YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA CARA KEHIDUPAN DAN BUDAYA CINA PERANAKAN DI INDONESIA PADA JAMAN DULU SECARA BEBAS DAN SUBYEKTIF.

Saturday, August 9, 2014

GLAZED YIXING TEA CUP 1








4 CANGKIR TEH YIXING
1910 - 1930, Yixing, Cina
Glasir hijau di atas terakota
Diameter 4 cm, tinggi sekitar 2,5 cm
Benda terpakai dengan patina teh (mudah di bersihkan, tapi dosa ), 3 buah utuh, 1 buah / cangkir ke 4 ada grimpil lumayan di bibir atas dan grimpil kecil di pantat bawah

Termasuk jenis keramik eksport hanya untuk wilayah Asia Tenggara, mungkin pesanan khusus untuk kalangan Cina Peranakan, maka jumlahnya jauh lebih sedikit di bandingkan teko Yixing-nya, karena teko Yixing tersebar di seluruh dunia, tidak hanya di Cina sendiri, tapi di eksport ke Asia, Eropa dan Amerika.
Kita di Indonesia terutama di Jawa bisa mendapatkan cangkir seperti ini 'relatif' masih mudah, tapi di luar itu, cangkir jenis ini bisa dikategorikan langka,,kelangkaannya nyaris mirip seperti keramik jenis 'njonja ware', hanya masih kalah / belum populer saja.

Sama hal-nya dengan jenis cangkir - cangkir sloki kecil Cina lainnya, cangkir Yixing ini juga sering di pakai untuk di isi teh atau arak sebagai sesaji di atas meja sembahyang bagi Dewa maupun leluhur.

4 buah cangkir mini ini :
Zold-Jakarta


No comments:

Post a Comment