MENCOBA MENGHADIRKAN KEBERADAAN BENDA-BENDA YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA CARA KEHIDUPAN DAN BUDAYA CINA PERANAKAN DI INDONESIA PADA JAMAN DULU SECARA BEBAS DAN SUBYEKTIF.

Sunday, May 29, 2016

CHINESE DOUBLE HAPPINESS BOWL









2 BUAH MANGKOK DOUBLE HAPPINESS
Keramik porselen dan 'stoneware' lukis biry dibawah glasir
Abad 18 - 19, Dabu, Guangdong , Cina
Diameter 15,5cm &16,3cm. Tinggi 6,2cm dan 6,8cm
Benda terpakai yang masih baik, utuh

Mangkok yang termasuk tipe keramik 'rakyat', dikenal dengan istilah ' Minyao ware' atau masuk dalam kategori keramik ' Kitchen Qing', yaitu segala macam keramik eksport Cina ( terutama abad 18 - 19 ) yang dipasarkan untuk kalangan rakyat biasa, sebagai perabot dapur sehari-hari.

Mangkok yang dikenal sebagai mangkok motif  'double happiness' ini lebih jarang keberadaannya dibanding mangkok sejenis tipe 'Samtiong' atau yang tipe 'piring batu'. Motif yang dipercaya menjadi salah satu motif kesukaan kalangan Peranakan di Asia Tenggara.

Kebanyakan keramik 'Kitchen Qing' dibuat secara terus menerus dalam kurun waktu selama beberapa generasi tampa banyak mengalami perubahan motif dan wujud fisik. Terlihat pada kedua mangkok ini, yang satu terbuat dari keramik porselen dan mempunyai dasar kaki mangkok yang agak miring ( ciri mangkok abad 18 ), sedangkan yang satunya lagi terbuat dari keramik 'stoneware' dengan dasar kaki yang sudah lurus ( ciri kebanyakan mangkok abad 19 ).

Walau ke-duanya  didapat secara bersamaan dari satu tempat yang sama, perbedaan usia antara ke-duanya sangat mungkin terjadi karena mangkok tipe ini memang terkenal sangat tahan banting, kalau hati-hati dalam pemakaiannya akan tetap awet sampai beberapa generasi.

2 mangkok ini :
Zold - Jakarta

No comments:

Post a Comment