MENCOBA MENGHADIRKAN KEBERADAAN BENDA-BENDA YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA CARA KEHIDUPAN DAN BUDAYA CINA PERANAKAN DI INDONESIA PADA JAMAN DULU SECARA BEBAS DAN SUBYEKTIF.

Monday, May 23, 2016

STRAITS CHINESE FAMILLE ROSE ALTAR OFFERING DISH













PIRING SESAJI MEJA ALTAR PERANAKAN
Porselen lukis polychrome atas glasir
1875 - 1908, Jingdezhen, Jiangxi, Cina
Diameter 24,3cm tinggi 9,8cm
Benda terpakai yg masih baik, ada 1 hairline di pinggir piring

Motif bunga 4 musim menjadi salah satu motif favorit dalam perabotan keramik rumah Peranakan Cina. Bunga yang mewakili 4 musim adalah bunga plum untuk musim dingin, bunga peony musim semi, bunga lotus musim panas dan bunga krisan untuk musim gugur, biasa dilukis polychrome diatas dasar warna putih.

Pada piring altar ini dihiasi oleh beberapa kelopak bunga besar seperti lotus, krisan, peony, mawar (?) juga bentuk seperti bunga baoxianghua / mawar Buddha yaitu semacam bunga imajinasi yg terbentuk dari bunga lotus, peony, delima, krisan dll. Pada setiap kelopak bunga ditemani oleh semacam batu panjang umur ( shoushi ) berwarna hitam, di atas setiap kuntum bunga dihiasi oleh rentetan mekaran bunga plum / plum blossom, peony, apricot dan cherry blossom.
Pada medallion tengah interior dihiasi oleh sepasang buah persik, sedangkan bagian exterior dihiasi kelelawar warna hijau dan gelombang ombak samudra sebagai lambang ke-abadian.
Secara ukuran dan motif  untuk benda sejenis, keramik ini lumayan jarang di jumpai.

Zold - Batam

No comments:

Post a Comment