MENCOBA MENGHADIRKAN KEBERADAAN BENDA-BENDA YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA CARA KEHIDUPAN DAN BUDAYA CINA PERANAKAN DI INDONESIA PADA JAMAN DULU SECARA BEBAS DAN SUBYEKTIF.

Friday, June 24, 2016

STRAITS CHINESE SILVER CURTAIN HOOKS WITH CUPID









GANTUNGAN KELAMBU MOTIF CUPID
Perak kadar baik dengan gilding emas
1920 - 1930, Jawa, Indonesia
18cm - 19cm x 10,5cm
Berat sekitar 163,6 gram
Kondisi masih baik, salah satu ada gilding yang menipis sedikit-sedikit

Bentuk Cupid termasuk salah satu pengaruh budaya dari Eropa yang diterima dan sering hadir dalam benda-benda Peranakan Cina di Indonesia. Pada beberapa benda Peranakan yang tidak tradisional konvensional, Cupid kadang hadir dalam bentuk relief atau goresan lukisan. Ini memaknai adanya percampuran budaya antar etnis di Indonesia, tidak hanya antara budaya Cina dengan Melayu / Jawa, tapi juga dengan Eropa.

Selain pengaruh Eropa tadi, unsur filosofi Cina tetap hadir pada benda ini. Bunga, kuntum dan daunnya kemungkinan adalah tanaman menjalar sejenis 'bindweed' atau keluarga jenis 'morning glory', yang melambangkan ikatan hubungan cinta dalam perkawinan.

Cupid dalam budaya Yunani kuno berkaitan erat dengan Eros sang Dewa Cinta.
Pada masa Renaissance Cupid identik sebagai anak dari Venus Dewi Cinta dan ayahnya adalah Dewa Perang Mars / Mercuri atau Vulkan.
Ia tampil dengan wujud bocah membawa obor untuk membakar hati asmara korbannya atau panah untuk menembus hati.
Mempunyai sayap di punggung, kadang juga di mata kaki, hadir bugil tampa baju menunjukkan statusnya yang minoritas dalam kalangan dewa-dewi. Tapi ketelanjangannya ini justru menunjukkan kemurnian dan keindahan eksotisme cinta.

Sepasang bayi bugil ini :
Zold - Palembang

No comments:

Post a Comment