MENCOBA MENGHADIRKAN KEBERADAAN BENDA-BENDA YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA CARA KEHIDUPAN DAN BUDAYA CINA PERANAKAN DI INDONESIA PADA JAMAN DULU SECARA BEBAS DAN SUBYEKTIF.

Tuesday, July 19, 2016

CHINESE PROPAGANDA COMIC BOOK











KOMIK ' MASA KANAK KANAK KAU JU PAU '
Terbitan Pustaka Bahasa Asing, Peking, Cina untuk Peranakan Indonesia
Penulis Kau Ju-Pau, Penyusun Si Kuang-Ji
Gambar oleh Tau Tje-An, Lu Tan, Pen Tjing-Ji, Wang Si-Jang dan Tjou Li
Cetakan pertama Juli 1955
19,5cm x 15cm
96 halaman - Tamat
Ada lecet, noda dan geripis sedikit pada tulang buku bagian atas
Relatif masih baik

Buku komik untuk pembaca Indonesia, didalamnya terselip propaganda halus partai Komunis di era Mao Zedong sebelum Revolusi Budaya di Cina. Mengisahkan perjuangan kaum proletar dalam himpitan kemiskinan oleh tuan tanah dan bersatu melawan penjajahan Jepang di Cina sebelum 1945.

Jadi tidaklah mengherankan kalau buku semacam ini termasuk yang dimusnahkan setelah terjadinya pergolakan Komunis pada tahun 1966. Berapa banyak buku serupa yang sudah musnah tidak diketahui pasti, hanya sedikit komik saduran dalam bahasa Indonesia ini yang tersisa.

Mungkin saudarra kandung komik ini yaitu jenis komik asli Cina yang tidak di terjemahkan / Lianhuanhua lebih bisa selamat karena terbatasnya orang yang bisa membaca isinya. Sejumlah komik Lianhuanhua yang tersisa di Indonesia kini menjadi harta karun bagi para kolektor komik seluruh dunia, terutama di negeri Cina sendiri.
Komik-komik buku saku Cina / Lianhuanhua banyak yang selamat dalam kondisi baik ( kriteria yang diburu para kolektor ). Ini bukan karena dikoleksi dan dirawat baik-baik pada saat itu, tapi karena takut, kemudian disimpan dan disembunyikan ditempat yang paling aman. Setelah sekian puluh tahun kalau tidak habis dimakan rayap, sebaliknya buku akan tetap dalam kondisi baik karena tidak di baca-baca dan berpindah tangan. Ini namanya bencana membawa berkah, terutama untuk juragan-juragan komik yang berbisnis di media online Ebay,,,.

Zold - Jakarta

No comments:

Post a Comment