MENCOBA MENGHADIRKAN KEBERADAAN BENDA-BENDA YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA CARA KEHIDUPAN DAN BUDAYA CINA PERANAKAN DI INDONESIA PADA JAMAN DULU SECARA BEBAS DAN SUBYEKTIF.

Sunday, July 17, 2016

COMIC BOOK ' SIH DJIN KOEI TJING SEE '






















KOMIK SIH DJIN KOEI TJING SEE
Terbitan Toko Buku Liong, Semarang, Indonesia
Karya Kam Seng Kioe dan Be Thong Ling
Cetakan pertama 1954 - 1955
16cm x 22cm, 20 halaman per buku, total 179 halaman, 758 kotak gambar
Jilid 1 - 9. Tamat
Ada noda, cuil, gripis sedikit - sedikit
Relatif masih baik, kondisi benda kolektor

Buku-buku terbitan Liong menjadi bagian penting dalam wacana sejarah komik Indonesia. Beberapa buku terbitannya adalah karya monumental seperti Wiro anak rimba misalnya. Juga komik dagelan petruk gareng karya Indri Sudono menjadi komik lelucon Punakawan pertama yang hadir di dunia perkomikan Indonesia.

Tidak banyak yang kami ketahui tentang Be Thong Ling, beliau termasuk dalam jajaran para komikus Peranakan Cina yang menjadi pelopor hidupnya dunia komik di Indonesia. Etnis ini adalah pilar penting dalam penciptaan komik dan buku cerita silat Indonesia dari dulu hingga saat ini.

Sama seperti beberapa komikus Peranakan legendaris lainnya seperti Siau Tik Kwie dan Kwik Ing Hoo, mereka hanya mempunyai beberapa (sedikit) karya komik saja sepanjang perjalanan hidupnya.
Komik ini mempunyai keistimewaannya tersendiri, selain goresan gambar yang baik juga pembagian bidang halamannya sangat inovatif, bidang geometrik dengan unsur oriental, bentuk pembagian yang jarang dijumpai dalam dunia komik manapun.

Kam Seng Kioe dalam komik ini berperan sebagai penyusun dan perencana pembuatan. Beliau adalah tokoh intelektual Peranakan yang banyak membuat buku tentang adat istiadat Peranakan Cina di Indonesia.
Beberapa bukunya seperti 'Sam Po' membahas kebiasaan Peranakan dan info sejarah kota Semarang, juga buku masakan Peranakan dalam judul ' Masakan Tionghoa Asli '. Kebanyakan buku beliau diterbitkan oleh TB Liong, Semarang.

Zold - Jakarta

No comments:

Post a Comment