MENCOBA MENGHADIRKAN KEBERADAAN BENDA-BENDA YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA CARA KEHIDUPAN DAN BUDAYA CINA PERANAKAN DI INDONESIA PADA JAMAN DULU SECARA BEBAS DAN SUBYEKTIF.

Sunday, July 17, 2016

COMIC BOOK ' SIH DJIN KOEI TJING SEE '






















KOMIK SIH DJIN KOEI TJING SEE
Terbitan Toko Buku Liong, Semarang, Indonesia
Karya Kam Seng Kioe dan Be Thong Ling
Cetakan pertama 1955 - 1956
16cm x 22cm, 20 halaman per buku, total 179 halaman, 758 kotak gambar
Jilid 1 - 9. Tamat
Ada noda, cuil, gripis sedikit - sedikit
Relatif masih baik, kondisi benda kolektor

Buku-buku terbitan Liong menjadi bagian penting dalam wacana sejarah komik Indonesia. Beberapa buku terbitannya adalah karya monumental seperti Wiro anak rimba misalnya. Juga komik dagelan petruk gareng karya Indri Sudono menjadi komik lelucon Punakawan pertama yang hadir di dunia perkomikan Indonesia.

Kisah Sie Djin Kui ke barat karya Kam Seng Kioe dan Be Thong Ling bisa dikatakan adalah kisah Sie Djin Kui pertama yang terbit dalam bentuk buku komik, mendahului Sie Djin Kui karya Siau Tik Kwie. Karena Sie Djin Kui karya Siau Tik Kwie terbit di tahun 1954 masih berbentuk komik strip di majalah Star Weekly, bentuk buku komiknya baru diterbitkan oleh Keng Po mungkin sekitar tahun 60an setelah tamat di majalah itu.

Tidak banyak yang kami ketahui tentang Be Thong Ling, beliau termasuk dalam jajaran para komikus Peranakan Cina yang menjadi pelopor hidupnya dunia komik di Indonesia. Etnis ini adalah pilar penting dalam penciptaan komik dan buku cerita silat Indonesia dari dulu hingga saat ini.

Sama seperti beberapa komikus Peranakan legendaris lainnya seperti Siau Tik Kwie dan Kwik Ing Hoo, mereka hanya mempunyai 1 karya komik saja sepanjang perjalanan hidupnya.
Komik ini mempunyai keistimewaannya tersendiri, selain goresan gambar yang baik juga pembagian bidang halamannya sangat inovatif, bidang geometrik dengan unsur oriental, bentuk pembagian yang jarang dijumpai dalam dunia komik manapun.

Kam Seng Kioe dalam komik ini berperan sebagai penyusun dan perencana pembuatan. Beliau adalah tokoh intelektual Peranakan yang banyak membuat buku tentang adat istiadat Peranakan Cina di Indonesia.
Beberapa bukunya seperti 'Sam Po' membahas kebiasaan Peranakan dan info sejarah kota Semarang, juga buku masakan Peranakan dalam judul ' Masakan Tionghoa Asli '. Kebanyakan buku beliau diterbitkan oleh TB Liong, penerbit yang bubar setelah 'kejadian' di tahun 1965.

Zold - Jakarta

No comments:

Post a Comment