MENCOBA MENGHADIRKAN KEBERADAAN BENDA-BENDA YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA CARA KEHIDUPAN DAN BUDAYA CINA PERANAKAN DI INDONESIA PADA JAMAN DULU SECARA BEBAS DAN SUBYEKTIF.

Thursday, January 5, 2017

PERANAKAN CORAL RED GROUND FAMILLE ROSE BOWLS 清同治 - 珊瑚紅地















SEPASANG MANGKOK PERANAKAN 'CORAL RED'
Porcelain warna merah coral, gilt dan lukis enamel polychrome diatas glasir
Abad 19, Qing dinasty periode Tongzhi ( 1862 - 1874 ), Jingdezhen, Cina
Marking stamp 4 huruf 'Tongzhi Nian Zhi'
Diameter 15,3 cm, tinggi 6,9 cm
Benda terpakai yang masih baik dan utuh, gild emas kusam karena usia

Mangkok coralware ini tidak dihiasi warna emas / gild  diantara kolom lukisan utama (medallion) seperti umumnya coralware terutama yang berasal dari penghujung abad 19 atau awal abad 20.
Isi dekorasi dalam medallion juga berbeda dari biasanya, gambar berupa bocah-bocah yang sedang bergembira dalam perayaan menggantikan motif bunga dan burung yang lebih lazim ditemui.
Besar kemungkinan hal ini karena porselen dipesan khusus oleh pemiliknya mengikuti selera pribadi personal, bukan standar umum.

Dan bentuk mangkok ini juga berbeda, kaki yang besar dan tinggi dari biasanya, ciri dari bentuk wadah / mangkok yang umumnya dipergunakan untuk menaruh persembahan di meja altar dewa dan leluhur pada saat perayaan / ceremonial.

Perangkat warna Coral dalam perabotan porcelain masyarakat Cina adalah termasuk benda yang berharga dan disayang, karena warna coral merah identik dengan nyala api yang bergelora, selalu bergerak dinamis menggapai ke atas, optimisme.
Merahnya juga diasosiasikan sebagai kehangatan sinar matahari, kegembiraan hidup dan pesta panen raya musim panas. Maka coralware hanya di pergunakan dalam acara perayaan spesial, tidak pernah di gunakan dalam keseharian, selalu dirawat dan disimpan baik-baik dan diwariskan ke keturunan berikutnya.

2 mangkok ini :
Zold - Canberra

No comments:

Post a Comment