MENCOBA MENGHADIRKAN KEBERADAAN BENDA-BENDA YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA CARA KEHIDUPAN DAN BUDAYA CINA PERANAKAN DI INDONESIA PADA JAMAN DULU SECARA BEBAS DAN SUBYEKTIF.

Friday, June 9, 2017

BLUE & WHITE SWEET PEA TEA / WINE CUPS














10 CAWAN TEH / ARAK
Porselen lukis biru dibawah glasir
Qing akhir ( akhir abad 19 / awal abad 20 ), Dehua ( ? ), Cina
3 buah marking coretan ' Yu ' ( giok )
Diameter sekitar 5,3 cm - 5,6 cm. Tinggi 3,7 - 4 cm
Masih baik dan utuh, ada 1 buah lecet kecil 1 titik

Keramik kemungkinan berasal dari Dehua propinsi Fujian, walau berbagi motif sweet pea yang sama dengan buatan Jingdezhen terdapat sedikit perbedaan antara keduanya.
Porselen biru putih Dehua umumnya pada bagian tertentu terkadang ada semacam  'urat cacing' tinta biru pada motifnya, hal yang jarang ditemui pada keramik biru putih Jingdezhen.

Motif bunga sulur / sweet pea terkadang dikategorikan juga sebagai keramik 'Kitchen Qing' yang kebanyakan beredar untuk perantauan Cina di Asia Tenggara.
Tetapi keramik dengan motif ini sedikit lebih terbatas dan lebih baik kualitasnya dibanding umumnya keramik kitchen Qing untuk kalangan masyarakat banyak.

Marking coretan yang dibuat secara cepat, asal dan instingtif ini walau tidak sempurna kemungkinan bermaksud menuliskan 玉 ( Yu ) atau giok.
Marking ini berasal dari tradisi memberi keramik tulisan  玩 玉 / 'Wan Yu' yang sudah ada sejak abad 17 pada dinasty Kangxi, mungkin untuk menggambarkan porselen sebagai refleksi dari keindahan batu giok.

10 cawan ini:
Zold - KL

No comments:

Post a Comment