MENCOBA MENGHADIRKAN KEBERADAAN BENDA-BENDA YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA CARA KEHIDUPAN DAN BUDAYA CINA PERANAKAN DI INDONESIA PADA JAMAN DULU SECARA BEBAS DAN SUBYEKTIF.

Wednesday, June 20, 2018

STRAITS CHINESE SILVER HAIRPIN / HAIR SLIDE I









1 BUAH PERAK PENGHIAS RAMBUT PERANAKAN
Perak kadar baik
Akhir abad 19 / awal abad 20, Canton (?), Cina
Marking pembuat 'Jing De Xing'
8,5 cm x 1,1 cm x 1 cm
Berat 13 gram
Benda terpakai yang masih baik

Penghias rambut berbentuk seperti busur panah ini adalah khas daerah Cina Selatan seperti Guangdong, Fujian atau Hainan yang memang adalah daerah asal mayoritas Cina Peranakan di Indonesia. Hubungan perdagangan daerah ini dengan Peranakan Asia Tenggara sudah terjalin berabad-abad silam.

Benda seperti ini umumnya dipesan untuk kaum Peranakan Cina yang pada waktu itu gaya penataan rambutnya masih seperti perempuan-perempuan di daerah Cina Selatan, tidak ada perbedaan yang signifikan dengan bentuk didaerah asalnya, hanya pada motif ukirannya cenderung lebih didominasi oleh bunga 4 musim dan sulur, simbol-simbol filosofis Cina kadang hadir diantaranya.

Bentuk serupa dari emas juga ditemukan di pesisir utara Jawa yang kini sudah menjadi koleksi Asian Civilisation Museum di Singapura, sumbangan dari Mr. Edmond Chin, kolektor dan designer perhiasan yang juga donatur utama museum.

Contoh penggunaan penghias rambut jenis ini terekam dalam sebuah kartu pos yang dengan visual gadis kecil Peranakan Cina di Vietnam, dicetak oleh G. Taupin et Cie, Hanoi pada kisaran tahun 1905.


1 buah penahan rambut perak :
Zold - Batam

No comments:

Post a Comment