MENCOBA MENGHADIRKAN KEBERADAAN BENDA-BENDA YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA CARA KEHIDUPAN DAN BUDAYA CINA PERANAKAN DI INDONESIA PADA JAMAN DULU SECARA BEBAS DAN SUBYEKTIF.

Tuesday, September 11, 2018

STRAITS CHINESE ROPE TWIST SILVER BRACELET









GELANG TALI TAMBANG PERAK CINA PERANAKAN
Perak kadar baik
Akhir abad 19 - awal abad 20, Jawa Tengah, Indonesia
Diameter 6,5 cm
Berat 45 gram
Benda terpakai yang masih baik

Terbentuk dari jalinan beberapa kawat perak yang diuntai menjadi satu.
Dalam buku 'Straits Chinese Collector's Guide' karya Ho Wing Meng disebutkan bentuk gelang seperti ini adalah salah satu yang terumit dan dikerjakan hanya oleh pengrajin perak Peranakan yang mempunyai keahlian mumpuni.

Gelang lilitan tambang seperti ini juga dijumpai pada perhiasan gelang Jawa & Melayu, tetapi terdapat perbedaan diantaranya.
Gelang Peranakan mempunyai bobot lebih berat karena terbuat dari bentuk padat, serta mempunyai ujung lempeng pengikat yang bertemu sejajar berhadapan dan mempunyai pengait hingga ujung lempeng bisa menyatu seperti gelang ini. Ada juga jenis yang lempeng kedua ujung gelang terbuka berhadapan dalam jarak tertentu (contoh pada ref. bawah).
Kadang terdapat marking huruf Cina nama toko / perusahaan pembuat dan umumnya perak dilapis emas / gilded (hampir semua lapisan emas gelang diatas telah memudar karena pemakaian & usia, terlihat jejaknya sedikit-sedikit).
Sedangkan gelang bentuk tali tambang tradisi Jawa / Melayu cenderung lebih ringan karena dalamnya yang berongga / tidak padat, juga kedua ujung gelang tidak bertemu sejajar tetapi saling 'over lap' melewati satu sama lain.

Benda-benda perhiasan milik Peranakan seperti ini sering kurang diapresiasi dan luput dari pembahasan pemerhati budaya Peranakan di Indonesia (berbeda dengan negara lain), padahal elemen-elemen seperti ini adalah bagian penting melihat selera dan gaya fashion Peranakan pada jaman dulu, sangat dibutuhkan untuk memahami tradisi Cina Peranakan secara utuh.

Ref. & contoh gelang Peranakan jenis 'tali untir', foto diambil dari buku 'Straits Chinese Silver' - A Collector's Guide, karya Ho Ming Weng, terbitan Times Edition, 1984

1 gelang :
Zold - Jakarta

No comments:

Post a Comment