MENCOBA MENGHADIRKAN KEBERADAAN BENDA-BENDA YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA CARA KEHIDUPAN DAN BUDAYA CINA PERANAKAN DI INDONESIA PADA JAMAN DULU SECARA BEBAS DAN SUBYEKTIF.

Friday, November 9, 2018

CINEMA ADVERTISING 'BATIK THE TJIEN SING' LANTERN GLASS SLIDE







2 BUAH SLIDE BIOSKOP IKLAN BATIK 'THE TJIEN SING'
Gambar slide dalam 2 lapis kaca
Firma The Tjien Sing, Bandung
1920 - 1930an
8,2 cm x 8,2 cm tebal 3 mm
Kondisi relatif masih baik

Iklan bioskop era kolonial Belanda untuk agen / cabang penjual batik The Tjien Sing dan batik Tee Boen Kee di Bandung. Bahasa menggunakan ejaan lama Van Ophuijsen bercampur bahasa Belanda.

Perusahaan batik The Tjien Sing yang berasal dari Jogjakarta adalah salah satu pembuat batik Peranakan Cina terkemuka, tokonya bernama 'Toko Batek Njonja Sing' berada di sekitar daerah Ngabean Jogjakarta.

Terlihat selain menjual batik The Tjien Sing, agen batik ini juga menjual produk batik dari Tee Boen Kee, pembuat batik yang tidak kalah tenarnya dari The Tjien Sing.
Perusahaan batik Tee Boen Kee berlokasi di daerah Palmerah Utara, Batavia.

Slide iklan bioskop era Ned Indie adalah salah satu media promosi yang sedikit tersisa, kelangkaannya jauh melebihi iklan dalam bentuk media lain seperti dari kertas atau bahan enamel.
Kelangkaan terbentuk selain dari usia dan sifatnya yang rentan rusak / pecah, juga dari sifat iklan slide yang cenderung lebih regional tidak masif mengglobal, cenderung dibuat dalam jumlah terbatas seperlunya saat itu.
Para pegawai pembuat  batik Njonja Sing di Jogjakarta pada tahun 1940an
Foto boleh nyolong dari Google.

Para pembuat batik Tee Boen Kee di Palmerah Utara, Batavia pada tahun 1930an
Foto lagi-lagi nyolong di Google.

2 slide iklan langka :
Zold - Jakarta

No comments:

Post a Comment