MENCOBA MENGHADIRKAN KEBERADAAN BENDA-BENDA YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA CARA KEHIDUPAN DAN BUDAYA CINA PERANAKAN DI INDONESIA PADA JAMAN DULU SECARA BEBAS DAN SUBYEKTIF.

Friday, November 9, 2018

CINEMA ADVERTISING 'DEPOT HOK LAY' LANTERN GLASS SLIDE













5 BUAH SLIDE BIOSKOP IKLAN 'DEPOT HOK LAY'
Gambar slide pada kaca 2 lapis
Depot Hok Lay, Malang, Jawa Timur
1940an - 1950an
8,2 cm x 8,2 cm tebal 3 mm
Ada 1 buah retak / pecah disalah satu sisi

Hok Lay adalah rumah makan Peranakan yang terkenal di kota Malang, buka sejak tahun 1946 dan masih eksis hingga saat ini.
Alkisah menunya tidak banya berubah, mempertahankan tradisi yang diwariskan generasi sebelumnya. Begitu juga interiornya, masih bernuasa jadul hingga saat ini.
Yang berubah hanyalah nama jalannya, dulu bernama Djodipan 10 sekarang K.H. Ahmad Dahlan No.10.

Menu andalannya seperti dalam gambar & tulisan iklan bioskop ini adalah es fosco, minuman olahan sendiri yg dikemas dalam botol merk coca-cola. Juga terkenal dengan lumpia dan tentu saja mie pangsit 'cwie mie'nya. Pada slide berumur paling tua dari depot ini juga mempromosikan es puding 'manalagi', menu yang juga masih ada sampai sekarang

Iklan seperti ini pada jaman dulu tentunya hanya diperuntukkan untuk masyarakat setempat di bioskop-bioskop lokal. Dibuat secara terbatas, eksklusif untuk wilayah dimana produk itu hendak dipasarkan. Tentu semakin kecil usahanya semakin sedikit jumlah yang dibuat sesuai dengan kapasitas usahanya. Maka slide Hok Lay ini hanya beredar dengan jumlah yang sangat terbatas.

Ke 5 slide menunjukkan promosi usaha depot Hok Lay dalam kurun waktu sekitar 10 tahun di bioskop-bioskop kota Malang,, yang tertua tertanggal 18 Agustus 1948 dengan ilustrasi warna hitam putih klasik. Salah satu dari yang lain bertanggal 20 September 1957 dengan ilustrasi & warna khas tahun 50 - 60an.

5 slide bioskop :
Zold - Jakarta

No comments:

Post a Comment