MENCOBA MENGHADIRKAN KEBERADAAN BENDA-BENDA YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA CARA KEHIDUPAN DAN BUDAYA CINA PERANAKAN DI INDONESIA PADA JAMAN DULU SECARA BEBAS DAN SUBYEKTIF.

Saturday, December 22, 2018

STRAITS CHINESE COVERED JAR / KAMCHENG
















GAMCING FAMILLE ROSE NYONYAWARE PERANAKAN
Keramik poreslen lukis polychrome diatas glasir
Akhir abad 19 / awal abad 2o, Jingdezhen, Cina
18,5 cm x 20,5 cm tinggi 21 cm
Ada lapisan warna enamel yang sudah lepas, terjadi karena usia dan penyimpanan yang buruk sebelumnya, biasanya terpapar panas dan lembab secara simultan untuk jangka waktu yg lama.


Gamcing panca warna seperti ini umumnya dipergunakan sebagai bagian dari perangkat ceremony perkawinan Peranakan Cina, dibuat di daratan Cina secara ekslusif mengikuti citarasa mereka. Pada masanya hanya golongan tertentu dengan kekuatan ekonomi lebih yang mampu memesan benda spesial seperti ini.

Pada tutup dihiasi oleh se'ekor' Singa penjaga (Foo dog) 3 dimensi diujungnya, lukisan raja bunga 'Baoxiang' dan panel medalion berisi gambar burung Hong & Murai / Magpie diatas bunga peony, border motif 'ruyi' serta lis paling pinggir berisi motif bunga prunus (bunga mei-hwa).

Motif dan simbol yang sama juga direpetisi pada badan keramik dengan penambahan motif kelelawar diantara dua 'kupingan' dan motif border bawah berupa stilisasi lipatan / lappets.
Motif-motif ini adalah klasik & umum dalam dekorasi keramik Cina, hanya dengan penekan pada motif burung Hong & burung Murai bertengger diatas bunga Peony yang membuatnya lebih identik untuk selera kaum Peranakan.

Zold - Bekasi

No comments:

Post a Comment