MENCOBA MENGHADIRKAN KEBERADAAN BENDA-BENDA YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA CARA KEHIDUPAN DAN BUDAYA CINA PERANAKAN DI INDONESIA PADA JAMAN DULU SECARA BEBAS DAN SUBYEKTIF.

Monday, February 25, 2019

STRAITS CHINESE SILVER BETEL NUT SET WITH OCTAGONAL WOODEN BOX















SET KINANGAN PERAK PERANAKAN 
Perak, kayu lapis lacquer lukis prada & rotan
Abad 19, Palembang, Sumatera Selatan & Jawa, Indonesia
22 cm x 22 cm x 20 cm
Berat biji perak 281 gram
Benda terpakai, ada lecet, kelupas & tusir sedikit-sedikit
Lis rotan gantian lama, secara keseluruhan relatif masih baik

Biji perak kinangan berasal dari Jawa, sedangkan kotak kayu lacquer lukis prada oktagonal seperti ini umumnya berasal dari Palembang, Sumatera,
Area penyebaran kotak untuk kalangan Peranakan ini dapat dijumpai hingga pulau Jawa dan sekitarnya. Suatu siklus perniagaan pada jaman dahulu, sama seperti batik yang berasal dari Jawa dapat ditemukan diberbagai plosok Sumatera dan wilayah lain (hingga manca negara).

Era kotak ini umumnya berasal dari abad 19, dibuat oleh para pengrajin Cina yang berasal dari daerah Canton & Amoy, Guangzhou, Cina yang banyak bermigrasi ke Palembang pada abad 17 - 18 Masehi.
Dibuat dengan menggunakan tehnik & material yang sama persis seperti umumnya benda export dari Cina. Kualitas lacquer yang baik, pengerjaan kayu tehnik tinggi hingga lukisan prada yang detail mengalir menjadi pembeda dengan benda benda sejenis di-era berikutnya ketika telah terjadi adaptasi yang menghasilkan bentuk baru yang kita kenal identik sebagai benda 'lacquer Palembangan'.

Zold - Bekasi

No comments:

Post a Comment