MENCOBA MENGHADIRKAN KEBERADAAN BENDA-BENDA YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA CARA KEHIDUPAN DAN BUDAYA CINA PERANAKAN DI INDONESIA PADA JAMAN DULU SECARA BEBAS DAN SUBYEKTIF.

Thursday, February 19, 2015

CHINESE SWEET PEA PATTERN BASIN










PATIMAN BIRU PUTIH GLASIR COKLAT I
Keramik porselen glasir coklat lukis biru di bawah glasir.
Abad 19, dinasty Qing, Jingdezhen, Cina.
Diameter 27 cm, tinggi 8,5 cm.
Benda terpakai yang relatif masih baik, ada satu chip kecil pada pinggir bibir bawah mangkok.

Baskom dengan lukis motif sweet pea ini adalah motif yang identik dengan motif benda keramik yang di import dari Cina untuk kebutuhan rumah tangga Cina peranakan di Asia Tenggara, termasuk keramik jenis ''Njonja Ware" kategori biru-putih.
Motif ini kadang dikenal juga sebagai motif "Shanghai", karena banyak di eksport melalui pelabuhan di Shanghai, Cina.

Motif di buatkan khusus untuk mengikuti selera kaum Cina peranakan di Asia Tenggara yang dikenal mempunyai selera yang berbeda dari kerabatnya di Cina daratan, sangat jarang menemukan motif serupa pada keramik - keramik di luar wilayah ini ( kecuali yang di bawa keluar ).

Motif sweet pea sendiri mempunyai beberapa disain, ada yang bentuknya hanya dari garis / outline, ada juga yang lebih "ngeblok" tebal. Banyak di terapkan pada bentuk keramik lain, seperti pada kamcheng, sendok bebek, pot, pisin dan lain - lain.

Patiman atau baskom seperti ini biasanya mempunyai fungsi sebagai wadah cuci, baik itu untuk makanan dan sayuran, ataupun keperluan mencuci yang lainnya. Ukuran maupun hiasan motif pada tengah interiornya lumayan bervariasi, juga kadar kegelapan glasir warna coklatnya berbeda - beda.
Zold - Batam

No comments:

Post a Comment